Belajar JavaScript: Mengenal Event Handling pada JavaScript #5

 


JavaScript memiliki fitur event handling yang memungkinkan Anda untuk membuat interaksi dinamis pada halaman web. Event handling memungkinkan Anda untuk menangkap tindakan pengguna seperti klik mouse, tekan tombol keyboard, atau melakukan scroll dan menanggapi tindakan tersebut dengan menjalankan kode JavaScript.

Untuk membuat event handling pada JavaScript, kita menggunakan metode addEventListener(). Metode ini menerima dua parameter, yaitu nama event dan fungsi callback. Fungsi callback akan dieksekusi setiap kali event tersebut terjadi. Berikut adalah contoh sederhana tentang bagaimana menangkap event klik pada sebuah tombol:

 

 

Anda juga dapat menangkap lebih dari satu event pada elemen yang sama. Berikut adalah contoh bagaimana menangkap event klik dan mouse over pada tombol yang sama:

 

 

 

Ketika pengguna melakukan klik atau mouse over pada tombol, maka akan tercetak pesan pada console. Ini hanya contoh sederhana, tapi Anda dapat memanfaatkan event handling untuk menjalankan kode apapun yang Anda inginkan seperti mengubah tampilan halaman, mengirimkan data ke server, atau menjalankan animasi.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang event handling pada JavaScript. Jangan ragu untuk memperkaya pengetahuan Anda dengan mempelajari lebih lanjut tentang event handling dan bagaimana memanfaatkannya untuk membuat interaksi dinamis pada halaman web Anda.

 

Posting Komentar

0 Komentar