Belajar JavaScript : Konsep dasar Penggunaan Event di JavaScript #4

 


Event adalah salah satu hal yang sangat penting dalam membuat interaksi antara pengguna dan aplikasi. Event dapat diterima oleh elemen HTML, seperti tombol, link, form, dan lain sebagainya. Dalam JavaScript, event dapat digunakan untuk menangani peristiwa yang terjadi, seperti ketika pengguna mengklik tombol, mengetik teks, atau mengubah isian form.

Untuk menangani event, kita dapat menambahkan event listener pada elemen HTML yang ingin kita tangani event-nya. Event listener membutuhkan dua argument, yaitu nama event dan callback function yang akan dipanggil ketika event tersebut terjadi. Berikut adalah contoh sederhana tentang penggunaan event listener pada elemen tombol:

 

 

 

Pada contoh di atas, kita menambahkan event listener "click" pada elemen tombol dengan id "myButton". Ketika tombol diklik, maka akan muncul alert dengan pesan "Tombol diklik!".

Selain event listener, kita juga dapat menambahkan event pada elemen HTML menggunakan properti "onclick". Berikut adalah contoh yang sama dengan penggunaan properti "onclick":

 

<button id="myButton" onclick="alert('Tombol diklik!')">Klik Tombol Ini</button>
 

Kedua cara penambahan event pada elemen HTML di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penggunaan event listener lebih disarankan karena lebih fleksibel dan memungkinkan kita untuk menambahkan banyak event listener pada elemen yang sama.

Itulah pembahasan tentang konsep dasar penggunaan event di JavaScript. Pahami dan pelajari hal ini dengan baik, karena penggunaan event akan sangat berguna dalam membuat aplikasi interaktif.

Posting Komentar

0 Komentar