Cara Menggunakan Looping Pada JavaScript - Belajar JavaScript #3

 


JavaScript adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat halaman web dinamis. Looping adalah fitur yang sangat penting dalam pemrograman, karena memungkinkan kita untuk menjalankan blok kode berulang kali. Ada beberapa cara untuk melakukan looping di JavaScript, yaitu dengan menggunakan for, for...of, for...in, while, dan do...while.

Pada artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan for loop dan for...of loop dalam JavaScript.

For Loop

For loop adalah salah satu jenis loop yang paling banyak digunakan di JavaScript. Ini memungkinkan kita untuk melakukan loop berdasarkan kondisi tertentu. Struktur dasar dari for loop adalah sebagai berikut:


 

 

Pada contoh di atas, kita membuat variabel i dengan nilai awal 0. Kemudian kita menentukan kondisi dimana loop akan berlanjut, yaitu i < 10. Terakhir, kita menentukan bagaimana variabel i akan berubah setiap kali loop berjalan, yaitu i++.

Dengan demikian, loop akan berjalan sebanyak 10 kali, dan menampilkan angka dari 0 sampai 9 di console.

For...of Loop

For...of loop adalah jenis loop yang digunakan untuk mengiterasi elemen dalam array atau objek. Struktur dasar dari for...of loop adalah sebagai berikut:

 


 

Pada contoh di atas, kita membuat array numbers dengan elemen 1, 2, 3, 4, dan 5. Kemudian kita menggunakan for...of loop untuk mengiterasi elemen-elemen dalam array tersebut. Setiap elemen akan dicetak di console.

Dengan menggunakan for...of loop, kita bisa mengakses setiap elemen dalam array tanpa harus mengetahui indeksnya. Ini sangat membantu ketika kita ingin melakukan loop pada objek atau array yang tidak memiliki indeks.

Sekian artikel belajar JavaScript #3 tentang cara menggunakan looping di JavaScript. Semoga bermanfaat!

 

Posting Komentar

0 Komentar