Belajar Pemrograman Python : Percabangan If-Else #4

 


Percabangan if-else adalah salah satu struktur dasar dalam pemrograman yang memungkinkan program untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi yang diberikan. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang percabangan if-else pada Python dan memberikan contoh kode sederhana.

 

Percabangan If-Else pada Python

Percabangan if-else pada Python digunakan untuk mengeksekusi blok kode tertentu jika suatu kondisi benar atau salah. Percabangan if-else pada Python ditandai dengan kata kunci if dan else, dan dapat dilengkapi dengan blok kode elif (singkatan dari "else if") untuk mengecek kondisi lain.

 

Berikut adalah sintaks dasar dari percabangan if-else pada Python:

 

if kondisi:
    blok kode jika kondisi benar
else:
    blok kode jika kondisi salah
 

 

Anda juga dapat menambahkan blok kode elif untuk mengecek kondisi lain:

 

if kondisi1:
    blok kode jika kondisi1 benar
elif kondisi2:
    blok kode jika kondisi2 benar
else:
    blok kode jika kedua kondisi salah
 

 

Contoh Kode

Berikut adalah contoh kode sederhana menggunakan percabangan if-else pada Python:

 

 

 

Kode di atas adalah contoh penggunaan percabangan if-else pada Python. Pertama-tama, kita meminta pengguna untuk memasukkan sebuah bilangan menggunakan fungsi input(). Kemudian, kita memeriksa apakah bilangan tersebut positif, negatif, atau nol menggunakan blok kode if, elif, dan else. Jika bilangan lebih besar dari 0, program akan menampilkan pesan "Bilangan [bilangan] adalah bilangan positif", jika bilangan kurang dari 0, program akan menampilkan pesan "Bilangan [bilangan] adalah bilangan negatif", dan jika bilangan sama dengan 0, program akan menampilkan pesan "Bilangan [bilangan] adalah nol".

 

Kesimpulan

Percabangan if-else adalah salah satu struktur dasar dalam pemrograman yang memungkinkan program untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi yang diberikan. Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang percabangan if-else pada Python dan memberikan contoh kode sederhana untuk memeriksa apakah sebuah bilangan positif, negatif, atau nol. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang percabangan if-else pada Python, ada banyak sumber online yang dapat membantu, seperti tutorial dan forum diskusi lainnya. Semangat belajarnya!

 

Posting Komentar

0 Komentar